Webinar Series terkait Riset Konsorsium Covid-19

| 25-09-2020   10:18:55 WIB | dilihat kali

Upaya pencegahan, penyebaran, penularan, dan/atau penanggulangan wabah penyakit Covid-19 di Indonesia yang semakin meningkat, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Pendidikan Tinggi, Kemendikbud bersama RISTEK/BRIN menyelenggarakan Webinar Berseri terkait Riset Konsorsium Covid-19. Diharapkan konsorsium ini dapat menghasilkan produk-produk tepat guna yang dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat dalam rangka mencegah, mendeteksi, dan merespon Pandemi Covid-19.

Diharapkan kepada mahasiswa untuk dapat mengikuti webinar berseri terkait Riset Konsorsium Covid-19 yang dilaksanakan menggunakan aplikasi Cisco Webex Event untuk jadwal dan pendaftaran webinar dapat dilihat pada spada.kemdikbud.go.id/pages/jadwal-seminar. Seri webinar ini akan dibuka untuk umum/mahasiswa dari berbagai bidang dan jenjang, serta diharapkan akan banyak diikuti mahasiswa Kedokteran, MIPA, dan Teknik. Keikutsertaaan mahasiswa dalam seri webinar ini dapat diberi penghargaan dalam bentuk pengakuan kredit, SKPI, atau bentuk lain yang ditentukan oleh Program Studi/Perguruan Tinggi. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemdikbud akan memberikan sertifikat elektronik setiap sesi hanya bagi peserta yang mengikuti secara penuh termasuk menjawab dengan baik evaluasinya.

 

Webinar ini telah dilaunching pada tanggal 15 September 2020 lalu  dan pelaksanaan webinar mulai tanggal 16 September – 21 Desember 2020 setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat pukul 14.00-16.00 WIB. Diinformasikan juga, bahwa webinar ini akan dilaksanakan live streaming pada channel youtube SPADA INDONESIA (https://spada.kemdikbud.go.id/). 

Adapun tatacara mengikuti webinar adalah sebagai berikut:

ata cara mengikuti Webinar (Synchronous)

  1. Mendaftar sebagai Mahasiswa/Dosen di halaman pendaftaran akun Spada Indonesia
  2. Memilih topik Webinar yang diinginkan, dan mendaftarkan diri sebagai peserta (1. klik menu Webminar, 2. klik menu Info Webminar, 3. daftar sesuai topik yang diminati). Pendaftaran bisa dilakukan di halaman Spada Indonesia setelah peserta mendaftar sesuai pada butir 1 dilaksanakan dan berhasil.
  3. Mengikuti Webinar (Synchronous) sesuai yang dijadwalkan (paltform yang digunakan adalah Webex). Alamat ruang webminar beserta password akan diberikan di masing-masing dashboard Mahasiswa/Dosen yang telah mendaftar. Langkah membuaka room (Synchronous) sebagai berikut: (1. klik menu Webminar, 2. klik menu Webminar Saya, 3. klik Buka Room untuk mengikuti webminar (Synchronous). 4. klik Buka LMS untuk mengikuti kelas Asynchronous.
  4. Mengikuti kelas (Asynchronous). Langkah membuaka kelas (Asynchronous) sebagai berikut: (1. klik menu Webminar, 2. klik menu Webminar Saya, 3. klik Buka LMS untuk mengikuti kelas Asynchronous.
  5. Mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas Asynchronous. Proses Enroll menjadi peserta di kelas Asynchronous dilakukan otomatis ketika mendaftar Webinar di halaman dalam Spada Indonesia.

Panduan

  1. Panduan Instal Webex, Silakan download dan cermti panduan berikut ini, silakan download di sini
  2. Panduan mengikuti Webinar (Synchronous) dan kelas di LMS (Asynchronous), silakan download di sini

Peserta yang telah mengikuti Webinar (Synchronous) dan kelas di LMS (Asynchronous) berhak mendapat sertifikat. Panitia tidak akan melakukan pembuatan ulang sertifikat karena adanya kesalahan penulisan nama peserta.

 

Sumber:

  1. http://www.dikti.kemdikbud.go.id/pengumuman/pengumuman-webinar-series-terkait-riset-konsorsium-covid-19/)
  2. https://spada.kemdikbud.go.id/pages/jadwal-seminar

 

 

 

Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email

0 Komentar

Berikan Komentar Anda
Nama
Komentar
(Masukkan 6 Digit Kode di Atas)

Hadis-hadis pilihan
"Anak Adam mengganggu Aku, mencaci-maki jaman (masa), dan Akulah jaman. Aku yang menggilirkan malam dan siang. (HR. Bukhari dan Muslim) "